#Fast Respon SMS: 081 222 5333 09 #Selamat Datang di Website Lukisan Terbesar di Indonesia #Fast Respon SMS: 085 75 35 99000

#114 of 187 | prev product Prev - Next next product
printer email

product arrow Lukisan Kaligrafi Bismillah 1

Price Rp 300.000
Rp 119.000
Beli
Ukuran : 80 x 60 cm
Berat : 6kg
Lukisan kaligrafi
.
Lukisan kaligrafi
.
Lukisan kaligrafi
.
Kalimat Bismillah adalah sebuah kalimat yang apabila orang sungguh meyakininya maka dia akan mendapat pahala besar, barang siapa membacanya maka dia akan memperoleh cita-citanya, barang siapa rutin membacanya maka semua makhluk akan tunduk kepadanya.

Bismillah merupakan suatu kalimat yang Agung hingga Nabi Nuh as. Ber-tawashul dengan kalimat Bismillah dalam memohonkan hajatnya.

Diriwayatkan dari Al-Hafidz Abu Nuaim, beliau berkata ; Saya mendapatkan cerita dari Abu Bakar bin Muhammad Al-Magribiy At-Tunisiy, dia berkata ; telah sepakat para Ulama di setiap umat, bahwasanya Allah Swt mengawali semua kitab suci yang diturunkan ke muka bumi adalah diawali dengan kalimat Bismillah, termasuk kitab suci Injil, Taurat dan Zabur.

Ketika Allah Swt me-wahyu-kan Bismillah kepada Nabi Adam as, Nabi Adam bertanya pada malaikat Jibril, Ya Jibril nama apa ini ?, mengapa Allah mengawali wahyu Nya dengan nama ini ?, jawab Jibril, Ya Adam, ini adalah sebuah nama yang mengiringi dalam menciptakan langit dan bumi, nama yang mengiringi dalam menciptakan air yang mengalir, nama yang mengiringi dalam menciptakan gunung menjulang tinggi dan menetapkan bumi, serta nama yang mengiringi dalam menguatkan kemanfaatan semua makhluk bagi yang lainnya.

huruf Ba merupakan permulaan huruf yang di ucapkan manusia di alam Arwah, yaitu pada waktu ditanyakan kepada para Arwah “Apakah aku adalah tuhanmu?”, kemudian mereka menjawab, Balaa artinya betul, dan kalimat Balaa dalam bahasa arab di mulai huruf Ba. (  بَلَى )

Sebuah peringatan kepada manusia, karena huruf Ba yang ber-harkat kasrah atau bergaris satu di bawah mengandung arti ketidak berdayaan. Oleh karenanya tidak ada yang harus didahulukan ketika mengahadapi segala macam hal kecuali dengan menyebut nama Allah, bagi orang yang mengalami ketidak-berdayaan dan merendahkan diri di hadapan Tuhan.

Sebagaimana diabadikan dalam sebuah syair :

كَماَ قِيْلَ: مَنْ أَخْمَلَ النَّفْسَ أَحْياَهاَ وَرَوَحَّهاَ * وَلَمْ يَبِتْ طاَوِياً مِنْهاَ عَلىَ ضَجَرٍ

إِنَّ الرِّياَحَ إِذَا اشْتَدَّتْ عَوَاصِفُهاَ * فَلَيْسَ تَرْمىِ سِوَى العَالىِ مِنَ الشَّجَرِ

- Orang menanam hati niscaya menghidupkan serta menyiraminya. – Agar tumbuh subur, dan tidak pernah mengalami kebosanan

- Sesungguhnya angin apabila hembusannya kencang. -  Tidaklah akan meniup keras kecuali pada pucuk pohon paling atas.

Maksudnya :

Ketika mengawali perbuatan dengan Bismillah, maka Bismillah laksana yang menghidupkan serta menyirami perbuatan tersebut agar tumbuh subur dan berhasil, karena manusia memilki kerendahan diri dan ketidak-berdayaan, dan ketika perbuatan itu dapat tercapai maka jangan lupa diri, bersyukurlah ! karena di situlah terdapat hembusan angin kencang yang dapat menjatuhkannya.

Imam Al-Qodli Iyad menuturkan sebuah hadits dalam kitab “Matan Asy-Syifa Fi Syarfil Musthofa” :

“Rosulullah Saw memanggil seorang penulis dan berkata ; Hai penulis tuangkan tintanya, gerakkan penanya, tuliskan huruf Ba denga rapi, tuliskan huruf Sin dengan nyata geriginya, tuliskan huruf Mim dengan lubangnya, tuliskan lafadz Allah dengan jelas dan tulis pula dengan baik lafadz Ar-Rohman dan Ar-Rohiimya, karena seseorang dari kaum Bani Israil setelah menulis Bismillah dengan baik seperti demikian maka dia di ampunkan dosa-dosanya”.

Diriwayatkan bahwa kitab-kitab yang di turunkan dari langit ke muka bumi semuanya berjumlah 104 kitab dengan rincian sebagai berikut :

-  Nabi Syits 60 kitab

-  Nabi Ibrahim 30 kitab

-  Nabi Musa sebelum kitab Taurat 10 kitab

-  Taurat

-  Injil

-  Zabur

-  Al-Furqon atau Al-Qur’an

Makna-makna yang terkandung dalam setiap kitab suci semuanya dirangkum dalam Al-Qur’an, makna-makna yang terkandung dalam Al-Qur’an dirangkum semuanya dalam surat Al-Fatihah dan makna-makna yang terkandung dalam surat Al-Fatihah dirangkum dalam kalimat Bismillah.

Makna-makna yang terkandung dalam kalimat Bismillah dirangkum dalam huruf Ba nya, makna yang terkandung dalam huruf Ba adalah “Olehku telah terjadi sesuatu yang telah terjadi dan olehku akan terjadi sesuatu yang akan terjadi

Sebagian Ulama menambahkan, makna yang terkandung dalam huruf Ba di rangkum lagi dalam titik pada huruf Ba dan titik itu satu, menunjukan bahwa Allah Swt adalah satu, tidak ada bilangannya.

Dan jumlah huruf Bismillah yang tertera adalah 19 huruf dan jumlah penjaga neraka pun sama sebanyak 19 Malaikat penjaga, Sebagaimana firman Allah Swt : “Di atas neraka terdapat 19 malaikat penjaga” (QS. Al-Mudatsir 30)

Ibnu Masud berkata, Barang siapa meginginkan agar Allah melindunginya dari Malaikat Zabaniyyah sang penjaga neraka maka hendaknya sering membaca Bismillah, agar Allah menjadikan setiap huruf Bismillah sebagai benteng penghalang dari api neraka.

Diriwayatkan, bahwasanya apa bila ahli sorga hendak memasuki sorga, mereka akan mengucapkan : “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji bagi Allah yang menjadikan kami harus membenarkan janji Nya, Dia yang menjadikan bumi sebagai tempat kami berpijak, agar kami mempersiapkan diri memasuki sorga dari pintu manapun kami masuk, sebaik-baiknya pahala dari segenap alam”.

Dan apabila ahli neraka hendak memasuki neraka, mereka pada mengucapkan : “Tuhan kami tidaklah berbuat jahat kepada kami, akan tetapi kamilah yang berbuat jahat terhadap diri kami sendiri”.

Diantara faidah atau manfaat Bismillah adalah bahwasanya pada Bismillah terdapat 4 kalimah (kata), yaitu sebagai berikut :

Kalimah Bismi                   ( بسم )

Kalimah Allahi                  ( الله )

Kalimah Arrohmani     (  الرحمن )

Kalimah Arrohiimi      ( الرحيم  )

Dan dosa pun terbagi 4 bagian, yaitu : Dosa di waktu malam, Dosa di waktu siang, Dosa secara sembunyi dan Dosa secara terang-terangan

Barangsiapa membaca Bismillah secara tulus ikhlas maka Allah mengampuni segala dosa-dosanya, Allah Maha mengetahui segalanya.