Kesan "Sejuk" dari Lukisan

6 November 2011

TEMPAT tinggal sering diidentikkan dengan karakter pribadi penghuninya. Hal inilah yang terpancar dari rumah Yulie Setyohadi. Di rumah tersebut, Yulie memajang berbagai lukisan di dinding maupun yang berdiri sendiri.

Melihat latar belakang profesinya sebagai painting artist, tak pelak rumah Yulie “kaya” akan berbagai macam lukisan, terutama lukisan yang menggunakan cat air (aquarel). Menurut Yulie, fungsi lukisan tidak hanya sebagai aksesori, tapi juga bisa memberi kesan kesejukan. Sebab, lanjut dia, lukisan yang ditampilkan di rumahnya bukanlah konsep lukisan yang “aneh-aneh”, melainkan lukisan yang manis. Dengan demikian, lukisan itu mampu menimbulkan kesan sejuk dan enak dipandang mata.

”Jadi, buat saya lukisan ini bukan sekadar aksesori, tapi juga sebagai penunjang interior yang sangat penting. Sebab, percuma saja orang punya furnitur seperti kursi dan meja yang bagus, tapi lukisannya tidak menunjang. Menurut saya, nilainya kurang,” ungkap pemilik Yulindra Gallery itu.

Lebih lanjut Yulie mengungkapkan, lukisan untuk diaplikasikan di dalam rumah tidak harus mahal atau mesti karya pelukis terkenal. Sebab, dalam interior yang paling penting adalah apakah lukisan tersebut cocok dengan ambience keseluruhan ruangan? Yulie memiliki beberapa trik jitu supaya lukisan pas dipajang di rumahnya.

Yang pertama adalah penyesuaian warna lukisan dengan warna dominan yang ada di ruangan. Menurut dia, warna lukisan sangat menentukan kesan apa yang ingin dibentuk di dalam ruangan tersebut.

”Bila warna lukisan tidak cocok dengan ruangan, pasti kesan atmosfernya pun langsung berbeda. Hasilnya tidak akan match atau malah berantakan,” tandasnya.

Yulie lantas menunjuk ruang makannya sebagai contoh “kasus”. Di ruang tersebut warna yang paling dominan adalah hijau dan merah muda. Maka, lukisan yang tepat untuk melengkapi ruangan itu adalah lukisan berwarna merah muda dan hijau.

Trik kedua adalah konsep lukisan. Di rumah ini, lukisan yang Yulie gunakan rata-rata berkonsep umum. Dalam arti, lukisan tersebut cocok diletakkan di ruang manapun.

”Ada kalanya orang mencari ‘jalan aman’ untuk konsep lukisan mereka supaya lukisan mudah dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan dan keinginan pemiliknya,” ungkap Yulie.

Terkait dengan cara aplikasi lukisan, mantan None Jakarta Pusat itu mengatakan, lukisan tidak harus selalu terpajang di dinding.