Membuat Lukisan Abstrak

28 November 2011

Bagi Anda pecinta seni  tentu punya banyak teknik, termasuk teknik melukis. Sebenarnya, teknik melukis ini sering diajarkan di sekolah-sekolah formal dalam pelajaran kesenian. Namun, teknik melukis ini memang tak gampang, apalagi teknik melukis abstrak.

Bagi para seniman, teknik melukis  abstrak ini kadang  menjadi ilmu yang begitu rahasia. Para seniman kadang mempunyai rahasia sendiri bagaimana teknis melukis abstrak tersebut dilakukan. Dan mereka kadang saat memainkan teknik melukis abstrak tidak di depan orang banyak, tetapi di dalam studio atau rumah-rumah seni mereka.

Kenapa? Begitulah para seniman lukis. Mereka sering mempunyai kebiasaan menarik yang kadang tidak pernah bisa kita pahami. Yang, ada, saat mereka keluar dari studio atau rumah-rumah seni mereka, orang bisa menyaksikan hasil teknik melukis yang telah dia kerjakan sebelumnya, bisa jadi beberapa jam lamanya.


Teknik Bagi Orang Awam
Lantas, sebenarnya bagaimana teknik melukis abstrak tersebut bagi orang awam. Siapapun Anda yang mempunyai selera seni atau suka melukis, boleh-boleh saja untuk mengikuti gaya para pelukis senior dalam melukis dengan menggunakan teknik melukis abstrak. Nah, beberapa teknik melukis abstrak
yang bisa Anda pergunakan adalah sebagai berikut:

 1. Melukis kursi dulu secara benar
    Ya, sebelum Anda mencoba menggunakan teknik melukis abstrak, sebaiknya Anda mencoba melukis realis seperti obyek kursi dulu secara benar. Kalau Anda melukis kursi saja masih belum benar,     maka jangan coba-coba untuk melukis menggunakan teknik melukis abstrak, nanti yakinlah bahwa karya Anda malah akan jadi bahan tertawaan mereka yang mengerti selera seni. Makanya, lakukanlah     teknik-teknik dasar dulu sebelum beralih ke teknik yang lebih sulit seperti teknik melukis abstrak
 2. Nampakkan kekuatan filosofis
Kalau teknik-teknik dasar melukis sudah Anda kuasai, baru bolehlah melukis dengan menggunakan teknik melukis abstrak. Namun, dalam pelukisan nantinya, pastikan bahwa coretan-coetan abstrak Anda bukan sekadar coretan tanpa arti. Harus muncul dan nampakkan kekuatan filosofis yang mendasarinya. Terutama dalam soal pemilihan warna.

 3. Melukiskan kisah tertentu
Terakhir, melukislah dengan membentuk sebuah kisah tertentu. Layaknya sebuah lukisan, ia menggambarkan seribu. Nah, Anda coba gambarkan sebenarnya kisah apa yang ingin Anda tampilkan dalam lukisan tersebut. Sebuah lukisan yang Anda buat dengan menggunakan teknik melukis abstrak.
Itulah beberapa hal terkait dengan teknik melukis abstrak yang bisa Anda mainkan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semuanya.